Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.
Dalam konteks akademis atau profesional, ujian (atau ujian untuk pendek) adalah tes yang bertujuan untuk menentukan kemampuan seorang mahasiswa atau calon dokter. Biasanya ujian tes tertulis, walaupun beberapa mungkin praktis atau komponen praktis, dan sangat bervariasi dalam struktur, isi dan kesulitan tergantung pada subjek, kelompok usia orang yang diuji dan profesi.
Seseorang yang melewati ujian menerima ijazah, sebuah surat izin mengemudi atau profesional, tergantung pada tujuan pemeriksaan. Pemeriksaan kompetitif adalah ujian di mana pelamar bersaing untuk sejumlah posisi, sebagai lawan hanya harus mencapai tingkat tertentu untuk lulus.
Sebagaimana yang kita ketahui setiap siswa yang berada di tingkat pendidikan formal pasti akan mengahadapi yang namanya Ujian sebagai bentuk tes terhadap para siswa untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut dalam memahami pelajaran yang telah di sampaikan oleh para guru, sehingga nantinya akan di dapat hasil sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki kemampuan siswa ketingkat yang lebih baik lagi.
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau biasa disingkat USBN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional untuk meningkatakan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.
Penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).
Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu.
Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir :
- Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
- Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.
Maka berdasarkan Hal tersebut pada artikel kali ini, saya akan menshare mengenai Soal latihan USBN SMP Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru dengan jumlah 50 Soal. Dimana dalam soal latihan ini, yaitu berupa soal pilihan ganda dan tentunya sudah disertakan kunci jawabannya supaya Sobat Prakata semua bisa lebih mudah Untuk menghafalnya dan juga bisa menjadikan referensi soal saat akan melaksakan USBN tersebut nanti karena soal tersebut diambil berdasarkan sumber dari buku mata pelajaran yang dipelajari di Sekolah pada umumnya.
Baca Juga :
Mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai isi artikel yang akan saya bahas kali ini, langsung saja kita menuju Soal latihan USBN SMP Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru berikut dibawah ini.
Soal latihan USBN SMP Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru
Adapun soal-soal yang akan kita bahas pada mata pelajaran Pkn Kelas 9 ini sebagai bahan referensi saat menghadapi Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :
1. Pengertian norma adalah ....
A. aturan atau kaidah hidup yang dijadikan pedoman tingkah laku baik atau buruk dalam hidup masyarakat
B. perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dalam hal yang sama serta diakui dan diterima oleh masyarakat
C. kebiasaan masyarakat yang dianggap baik dilakukan secara turun temurun pada daerah setempat
D. serangkaian aturan yang diadakan agar kehidupan di lingkungan dapat berjalan dengan baik dan tertib
2. Yang tidak termasuk tujuan diciptakannya norma adalah ....
A. untuk mengatur perbuatan dan perilaku seseorang
B. untuk menjamin terlaksananya hak dan kewajiban seseorang
C. untuk memberikan sanksi yang seberat-beratnya kepada seseorang
D. untuk memberikan jaminan keadilan dan kejujuran kepada seseorang
3. Perhatikan pernyataan berikut ini !
- Dibuat oleh lembaga yang berwenang
- Sanksi mengikat dan memaksa (tegas)
- Bersumber dari hati nurani
- Menjamin rasa keadilan dan ketertiban masyarakat
- Bersumber dari Tuhan
- Bersumber dari pergaulan masyarakat
Berdasarkan pernyataan di atas, yang merupakan ciri norma hukum adalah ....
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 2 dan 4
D. 4, 5 dan 6
4. Aturan tingkah laku yang bersumber dari hati nurani pribadi dan apabila dilanggar timbul rasa malu dan penyesalan adalah pengertian norma ....
A. agama
B. kesopanan
C. kesusilaan
D. hukum
5. Di bawah ini yang tidak termasuk sumber hukum di Indonesia adalah ....
A. Undang - Undang C. kebiasaan
B. keputusan hakim D. kebijakan partai politik
6. Bagi bangsa Indonesia proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan tanggal 17 Agusutus 1945 mengandung makna yang mendalam yaitu ….
A. sebagai titik akhir perjuangan bangsa Indonesia dalam pembangunan
B. sebagai titik awal dimulainya perjuangan melawan penjajah
C. sebagai titik puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
D. sebagai titik awal digalangnya persatuan bangsa Indonesia
7. Perhatikan pernyataan berikut ini
- menetapkan UUD 1945
- membentuk Tentara Nasional Indonesia
- mengangkat Presiden dan wakil Presiden
- melantik anggota MPR
- membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat
- menetapkan dasar negara Pancasila
Berdasarkan penyataan di atas, yang termasuk hasil keputusan sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 ditunjukan dengan nomor ….
A. 1, 2 dan 3
B. 2, 3 dan 5
C. 1, 3 dan 5
D. 4, 5 dan 6
8. Makna yang terkandung dalam proklamsi kemerdekaan RI adalah ….
A. proklamasi semata-mata merupakan hasil perjuangan bangsa Indonesia
B. proklamasi kemerdekaan RI merupakan wujud janji pemerinatahan kolonial Jepang
C. proklamasi merupakan ahkir dari seluruh perjuangan bangsa Indonesia
D. proklamasi merupakan hasil jerih payah bangsa Indonesia yang didorong oleh rahmat Tuhan YME
9. Seperangkat hak yang melekat pada diri manusia sebagai mahluk Tuhan yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, dan pemerintah dinamakan ….
A. hak manusia C. hak hidup
B. hak asasi manusia D. hak kebebasan manusia
10. Dasar hukum yang mengatur tentang Hak Asasi Manusia di Indonesia adalah UU RI Nomor ....
A. 19 Tahun 1999
B. 29 Tahun 1999
C. 39 Tahun 1999
D. 49 Tahun 1999
11. Perhatikan pernyataan berikut ini !
- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia
- Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan
- Komisi Penyiaran Indonesia
- Komnas Perlindungan Anak dan Komisi Perlindungan Anak Indonesi
- Komisi Pemilihan Umum
- Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
Dari pernyataan di atas yang termasuk lembaga perlindungan dan penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,2 ,3 dan 5
B. 2, 3 ,4 dan 5
C. 1, 2 ,4 dan 6
D. 2,3,4 dan 6
12. Lahirnya Perundang–undangan HAM nasional terutama didorong untuk keperluan ….
A. mencegah berkembangnya individualisme
B. memenuhi tuntutan masyarakat internasional
C. melindungi dari tindakan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh penguasa maupun pihak lain
D. mengembangkan hak–hak warga negara agar sederajat dengan bangsa–bangsa lain di dunia
13. Kemerdekaan mengemukakan pendapat berarti mengeluarkan pendapat secara ....
A. bertanggung jawab
B. provokatif untuk menimbulkan konflik
C. tanpa batas
D. sekehendaknya sendiri
14. Cara penyampaian pendapat di muka umum yang dilakukan secara bebas dan terbuka tanpa tema tertentu disebut ....
A. demonstrasi C. rapat umum
B. mimbar Bebas D. pawai
15. Salah satu dampak positif kemerdekaan mengeluarkan pendapat adalah ….
A. membiasakan masyarakat berpikir kritis
B. menyiapkan para demonstran pandai berunjuk rasa
C. membiasakan polisi siap menangani kerusuhan
D. memenuhi tuntutan agar Indonesia dianggap sebagai negara demokrasi
16. Ideologi yang mengutamakan kebebasan individu merupakan salah satu ciri ideologi ....
A. sosialis
B. liberalis
C. fundamentalis
D. Pancasila
17. Istilah ideologi pertama kali dikemukakan oleh ….
A. Montesquieu C. Destutt de Tracy
B. J.J. Rousseau D. Aristoteles
18. Bagi suatu bangsa, ideologi sangat diperlukan untuk ....
A. memperoleh bangsa yang berdaulat sebagai hak asasi sebuah bangsa
B. mempengaruhi bangsa lain agar mengikuti kita karena merasa untung
C. memajukan bangsa penjajah untuk memperoleh kemerdekaannya
D. mengetahui ke arah mana mereka akan membangun bangsa dan negaranya
19. Perhatikan pernyataan berikut
- Menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan
- Suka bekerja keras;
- Cinta tanah air
- Gemar menabung;
- Rela berkorban untuk bangsa dan negara;
Perilaku yang merupakan pengamalan Pancasila, khususnya sila Persatuan Indonesia terdapat pada nomor ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 1, 2, 5
D. 1, 3, 5
20. Pancasila sebagai pedoman untuk menata negara, dasar untuk aktivitas negara dan dasar dalam pergaulan antar masyarakat adalah pengertian pancasila sebagai ....
A. ideologi negara C. kepribadian bangsa
B. dasar negara D. perjanjian luhur bangsa
21. UUD 1945 memberikan peluang kepada anggota MPR untuk melakukan perubahan terhadap UUD 1945. Hal ini
diatur dalam pasal ....
A. 34 C. 36
B. 35 D. 37
22. Suatu negara dapat disebut negara demokrasi jika ada ….
A. pengakuan hak asasi manusia, partisipasi dan dukungan rakyat terhadap pemerintah
B. pengakuan adanya lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif yang kekuasaannya tidak terpisah
C. pengakuan terhadap segala pertentangan yang penyelesaiannya dapat diserahkan kepada masing-masing individu
D. pengakuan dari negara lain yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa
23. Sebagai pelaksanaan demokrasi Pancasila, sikap yang harus dihindari oleh masing-masing peserta musyawarah
adalah....
A. mempunyai niat baik, keinginan luhur, kemauan yang tulus, dan ikhlas
B. berprinsip pada pendirian dan pendapat yang kuat, tidak dapat diubah
C. menghargai pendapat peserta lain, walaupun tidak sama dengan pendapatnya
D. menerima dan melaksanakan putusan dengan ikhlas dan tanggung jawab
24. Negara Republik Indonesia sejak proklamasi telah memiliki kedaulatan, kedaulatan dapat diartikan ... .
A. kekuasaan tertinggi dalam suatu negara
B. kekuasaan negara yang mutlak
C. kewenangan untuk mengatur fungsi negara
D. kewenangan negara untuk membangun negaranya
25. Berikut merupakan salah satu penyebab hilangnya kedaulatan suatu negara, yaitu ....
A. negara itu menguasai negara lain
B. negara itu menggabungkan diri dengan negara lain
C. negara itu diserang oleh negara lain
D. negara itu bermusuhan dengan negara lain
26. Organisasi kelompok masyarakat yang bersama-sama mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakui adanya suatu pemerintahan yang berdaulat disebut ....
A. pemerintah C. kedaulatan
B. negara D. kekuasaan
27. Di bawah ini yang tidak termasuk tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat, adalah....
A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
B. memajukan kesejahteraan umum
C. mencerdaskan kehidupan bangsa
D. ikut melaksanakan peperangan dengan negara yang bersahabat dengan bangsa kita
28. Sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh rasa kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara disebut ....
A. upaya bela negara negara
B. upaya menjamin negara
C. upaya kekuasaan
D. upaya kedaulatan negara
29. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1) melakukan penertiban masyarakat
2) mengharapkan pengabdian masyarakat
3) mengusahakan kesejahteraan masyarakat
4) memungut pembiayaan masyarakat
5) menjamin keadilan masyarakat
Berdasarkan pernyataan di atas, yang termasuk fungsi negara ditunjukan dengan nomor ....
A. 1,2 dan 3 C. 1,3 dan 5
B. 1,2 dan 4 D. 2,4 dan 5
30. Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.ini merupakan landasan hukum upaya pertahanan negara yang tercantum dalam UUD 1945 pasal ....
A. 27 ayat 1 C. 30 ayat 1
B. 27 ayat 2 D. 30 ayat 2
31. Berdasarkan UUD 1945 pasal 30 ayat (2), usaha pertahanan dan keamanan negara indonesia adalah menganut ....
A. Sistim Pertahanan Rakyat Semesta
B. Sistim Pertahanan dan Keamanan Rakyat Terlatih
C. Sistim Pertahanan Rakyat Terlatih
D. Sistim Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta
32. Perhatikan data berikut ini !
- Tentara Nasional Indonesia
- Pertahanan Sipil
- Kepolisian Republik Indonesia
- Perlawanan Rakyat
- Keamanan Rakyat
- Perlindungan Masyarakat
Dari data di atas yang termasuk bentuk komponen cadangan Sishankamrata ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,2,3 dan 4 C. 2,4,5 dan 6
B. 1,2,3 dan 6 D. 1,2,3 dan 5
33. Perhatikan pernyatan berikut ini !
1) melaksanakan Ronda malam
2) melindungi teman yang berbuat salah
3) melapor kepada aparat bila terjadi pelanggaran hukum
4) tidak mengikuti teman yang melakukan tawuran antarpelajar
5) senang menggunakan produk luar negeri agar dianggap modern
6) selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara
Dari pernyataan di atas yang termasuk partisipasi masyarakat dalam usaha pembelaan negara ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,3,4 dan 6 C. 2,3,4 dan 5
B. 1,2,3 dan 5 D. 2,3,4 dan 6
34. Hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan adalah pengertian ....
A. daerah otonom
B. otonomi daerah
C. kebijakan daerah
D. kewajiban daerah
35. Perhatikan data berikut ini !
- peningkatan pelayanan masyarakat
- Pemerataan pembangunan di daerah
- peningkatan kesejahteraan masyarakat
- pengumpulan pendapatan masyarakat
- Pengembangan kehidupan demokrasi
- peningkatan sifat kedaerahan
Dari data di atas yang merupakan arti penting sekaligus tujuan penyelenggaraan otonomi daerah ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,2,3 dan 5 C. 1,3,5 dan 6
B. 1,3,4 dan 5 D. 1,3,4 dan 6
36. Landasan hukum yang mengatur mengenai perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah adalah Undang- undang RI nomor ...
A. 30 tahun 2004 C. 32 tahun 2004
B. 31 tahun 2004 D. 33 tahun 2004
37. Perhatikan Data Berikut !
- pendidikan
- agama
- pelestarian lingkungan hidup
- pariwisata dan kebudayaan
- pertahanan dan keamanan
- pajak retribusi
Dari data di atas urusan yang menjadi wewenang pemerintah daerah ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,2,3 dan 5 C, 2,3,4 dan 5B. 1,2,4 dan 6 D. 1,3,4 dan 6
38. Pelimpahan wewenang pemerintah dari pemerintah pusat kepada daerah otonom dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dinamakan ....
A. sentralisasi C. desentralisasi
B. dekonsentrasi D. tugas pembantuan
39. Segala kebijakan atau peraturan yang menyangkut kepentingan masyarakat serta dibuat oleh lembaga yang berwenang di daerah disebut ....
A. kebijakan daerah C. kebijakan pemerintah
B. kebijakan publik D. kebijakan masyarakat
40. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1) kebijakan publik sesuai dengan kebutuhan masyarakat
2) kebijakan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat
3) kebijakan publik sesuai dengan keinginan pemerintah
4) kebijakan publik sesuai dengan aspirasi masyarakat
5) pemerintah daerah tidak perlu susah payah dalam merumuskan kepentingan masyarakat
Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk manfaat pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,2 dan 3 C. 1,2 dan 5
B. 1,2 dan 4 D. 1,3 dan 5
41. Apabila kebijakan publik hanya dirumuskan oleh pemerintah daerah tanpa melibatkan partisipasi masyarakat , maka akan menimbulkan dampak negatif berikut ini ....
A. masyarakat akan patuh terhadap pelaksanaan kebijakan publik tersebut
B. masyarakat akan mendukung terhadap pelaksanaan kebijakan publik tersebut
C. timbulnya protes atau penolakan masyarakat terhadap kebijakan publik tersebut
D. kebijakan publik tersebut akan dapat dilaksanakan dengan baik
42. Globalisasi memberikan dampak yang sangat besar terhadap kehidupan mayarakat, pernyataan berikut yang tidak terkait dengan pengertian globalisasi adalah ....
A. mendunia C. dunia seakan tanpa batas
B. era kesejagatan D. nasional
43. Salah satu contoh arti pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia adalah ....
A. meningkatnya sumber daya manusia Indonesia melalui perkembangan IPTEK
B. berkembangnya gaya hidup konsumerisme dan hedonisme
C. masuknya unsur-unsur budaya global dapat menggantikan budaya lokal dan nasional
D. berkembangnya gerakan penentangan dan kontrol terhadap pemerintahan secara radikal dan anarkis
44. Kebijakan politik luar negeri Indonesia menganut politik luar negeri bebas aktif artinya adalah ....
A. Indonesia selalu menjadi penengah terhadap negara yang bersengketa
B. Indonesia ikut aktif berusaha menciptakan ketertiban dunia
C. Indonesia ikut memihak salah satu negara yang bersengketa
D. Indonesia tidak ikut serta dalam menangani sengketa internasional
45. Salah satu dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah ....
A. mempermudah masyarakat dalam berinteraksi dan berkomunikasi
B. meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja masyarakat
C. penyebaran nilai-nilai demokrasi yang membatasi pemerintahan otoriter
D. berkembangnya nilai-nilai konsumerisme, sikap individual dan perubahan gaya hidup
46. Tindakan di bawah ini yang tidak termasuk upaya dalam menyikapi dampak negatif globalisasi adalah ....
A. memperkuat sikap mental keimanan dan ketaqwaan
B. menerima dan mengikuti segala unsur pengaruh global supaya dianggap bangsa yang modern
C. meningkatkan kemandirian, keswasembadaan dan tidak menggantungkan diri pada bangsa lain
D. memperkokoh sikap kebangsaan dan cinta tanah air
47. Pengertian prestasi diri adalah ....
A. segala sesuatu yang telah dicapai oleh seseorang secara maksimal dari hasil usaha dan kerja kerasnya
B. kemampuan yang ada atau dimiliki dalam diri seseorang
C. segala sesuatu yang akan dicapai dan dusahakan oleh seseorang secara maksimal
D. kemampuan yang dapat dikembangkan dalam hidup seseorang
48. Perhatikan data berikut !
1) aktif dan kreatif
2) pemalas
3) bekerja keras dan bertanggung jawab
4) cepat putus asa
5) berjiwa mandiri
6) bersifat masa bodoh
7) berfikir jauh ke depan
Dari data di atas yang termasuk kelebihan yang terdapat dalam diri seseorang sebagai potensi diri ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1,2,3,4 dan 6 C. 1,2,4,5 dan 7
B. 1,3,5 dan 7 D. 2,3,5,6 dan 7
49. Sifat yang selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman tanpa berhenti untuk berkreasi dalam mencapai tujuan tanpa mengabaikan norma yang ada dinamakan ....
A. optimis dan kegairahan semangat
B. dinamis dan kreatif
C. memiliki idealisme
D. sikap ksatria
50. Di bawah ini yang termasuk peran penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa adalah....
A. menghambat peningkatkan tarap hidup bangsa dan negara
B. memperlemah stabilitas nasional
C. dapat mengharumkan nama baik bangsa dan negara di dunia internasional
D. memperlambat pembangunan nasional
Demikianlah artikel mengenai Soal latihan USBN SMP Pkn Kelas 9 Beserta Jawabannya Lengkap Terbaru ini, semoga bermanfaat buat Sobat Praktakita yang sedang mencari referensi mengenai soal2 dari mata pelajaran Pkn Maaf apabila terdapat kesalahan dalam pembuatan soal ataupun jawabannya. semoga bisa bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bahan untuk belajar. Terima Kasih .
Sumber https://prakatakita.blogspot.com/