Kunci Balasan Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99 Buku Siswa Tematik Revisi

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99 - Kunci balasan buku siswa tematik tema 3 peduli terhadap makhluk hidup subtema 3 ayo cintai lingkungan aktivitas pembelajaran 1 Halaman 97, 98, 99 kurikulum 2013 revisi semester 1 ini bisa teman-teman pakai untuk mengisis soal-soal latihan yang ada pada buku siswa. Kami menciptakan kunci balasan ini berdasarkan materi yang ada pada buku siswa, maka dari itu silahkan jadikan alternatif jawaban.

Pada artikel kami sebelumnya, kamipun sudah membuatkan kunci balasan untuk tema 3 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 91, 92, 93. Kunci balasan tersebut juga tentunya bisa teman-teman jadikan alternatif balasan untuk menuntaskan tugas-tugas sekolah. Dan kami juga berharap nilai yang teman-teman sanggup dari kiprah tersebut bisa lebi manis lagi dari kiprah sebelumnya.

 ayo cintai lingkungan aktivitas pembelajaran  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99 Buku Siswa Tematik Revisi

Mengerjakan kiprah sekolah memang sudah menjadi tangung balasan teman-teman semuanya. Dari tugas-tugas inilah seorang guru akan melihat kemampuan teman-teman dan memperlihatkan nilai. Maka dari itu kami disini membuatkan Kunci Jawaban Kelas 4 bertujuan untuk membantu teman-teman dalam menuntaskan tugas-tugas sekolah yang di berikan oleh guru. Nah bagi teman-teman yang ingin melihat lengkap untuk kunci balasan pada tema 3 kelas 4 ini, silahkan buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99

Tumbuhan dan binatang sanggup terus memperlihatkan manfaat jikalau terawat dengan baik.
Sayangnya, tidak semua orang memperhatikan hal ini.

Ayo Menulis
Kamu sudah berlatih menciptakan daftar pertanyaan dan menggunakannya ketika wawancara. Bacalah hasil wawancaramu dan tuangkan dalam bentuk laporan.
Pergunakanlah format laporan yang sudah diberikan oleh gurumu.
Sampaikan laporanmu kepada gurumu untuk diberikan masukan.
Pernahkah kau berpetualang ke desa? Tanpa kita sadari, lingkungan alam memperlihatkan manfaat bagi kehidupan kita.

Bacalah teks di bawah ini.

Perjalanan ke Desa

 ayo cintai lingkungan aktivitas pembelajaran  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99 Buku Siswa Tematik Revisi

Saat liburan, Dayu, Udin, Siti, Lani, Beni, dan Edo bersepeda menyusuri jalan di sekitar sekolah. Tanpa disadari, mereka hingga di tempat pedesaan. Pohon-pohon menjulang bagai deretan raksasa berjajar. Ada pohon mahoni, pohon asem, dan pohon mangga. Pemandangan yang sangat indah.

Di ujung jalan, mereka berjumpa seorang tua, Pak Jajak namanya.Ia mengumpulkan daun-daun kering ke dalam karung dan akan membawanya pulang.

“Untuk apa daun-daun kering itu, Pak?” tanya Dayu.

“Untuk pembuatan pupuk kompos. Ayo, ikut Bapak ke kebun!” jawab Pak Jajak.

Pak Jajak mengajak Dayu dan teman-teman berkunjung ke kebunnya. Di sana, Pak Jajak memelihara banyak sekali binatang ternak,seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi. Ia juga memelihara kerbau untuk membajak sawah.

Pak Jajak bercerita bahwa daun itu materi adonan untuk menciptakan pupuk. Caranya, sampah daun kering itu dicampur dengan kotoran binatang ternak, ditumpuk, dan didiamkan. Sekitar 2 bulan,  adonan itu akan hancur  menjadi pupuk alam yang disebut kompos.
“Pupuk kompos ini disukai petani lantaran murah, gampang dibuat,dan sangat baik untuk meningkatkan hasil panen,” terperinci Pak Jajak.

Apa yang dilakukan oleh Pak Jajak yakni upaya biar lingkungan tetap terjaga sehingga sumber daya alam bisa tetap seimbang.

Dari petualangan itu, Dayu dan teman-teman semakin peduli lingkungan.Tentunya, kau juga mempunyai dongeng petualangan seru. Misalnya, pengalaman kerja bakti, menanam pohon di sekitar rumahmu, atau di ketika liburan ke rumah sanak saudara. Tulislah dongeng petualangan tersebut.

Kebun Pak Jajak subur. Panen padi melimpah. Hewan ternaknya sehat dan gemuk. Hampir setiap hari Pak Jajak bisa menjual telur dan susu sapi.Sebagian hasil susu diolah menjadi yoghurt yang lezat dan lebih mahal harganya. Semua keberhasilan itu yakni hasil kerja keras Pak Jajak merawat tumbuhan dan ternaknya.

Ayo, amati gambar berikut. Berilah tanda centang () pada gambar yang
memperlihatkan tumbuhan dan binatang yang terawat.

 ayo cintai lingkungan aktivitas pembelajaran  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99 Buku Siswa Tematik Revisi

Dari gambar di atas, menurutmu bagaimanakah ciri-ciri tumbuhan dan binatang yang terawat dan tidak terawat?

1. Ciri-ciri tumbuhan yang terawat umunya daun berwarna hijau, bebas dari hama atau gulama ,daunnya tidak berlubang akhir dimakan hama. Sedangkan ciri-ciri tumbuhan yang tidak terawat : batang atau daunnya layu, daun berwarna kekuningan atau cokelat. dipenuhi oleh banyak hama dan tidak subur pertumbuhannya

2. Ciri-ciri binatang terawat: bulunya bersih, tubuhnya tegap, bergerak lincah, jarang sakit. Sedangkan ciri ciri binatang tak terawat : malas bergerak, baunya tidak sedap , banyak kutu di tubuhnya, dan bulunya kotor.

Bagaimana sikapmu jikalau menemukan tumbuhan dan binatang yang tidak
terawat?

 ayo cintai lingkungan aktivitas pembelajaran  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99 Buku Siswa Tematik Revisi

Sikap perbuatan di atas yakni salah satu cara peduli lingkungan yang harus senantiasa ditumbuhkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku peduli lingkungan tersebut merupakan wujud rasa syukur atas nikmat Tuhan Yang Maha Esa sekaligus wujud perilaku sebagai insan yang beradab dan pola bagi lingkungannya.

Ayo Berdiskusi
Apa yang mengakibatkan tumbuhan dan binatang menjadi terawat dan tidak terawat? Ceritakan pula akhir kondisi tersebut terhadap manusia!
Diskusikan jawabanmu dengan sobat kelompokmu.
Hewan dan tumbuhan menjadi tidak terawat disebabkan oleh insan yang tidak peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Mereka sibuk dengan aktifitasnya masing-masing sehingga lupa kewajibannya terhadap lingkungan. Akibat binatang dan tumbuhan yang tidak terawat sanggup mengakibatkan tamat hidup tumbuhan atau binatang itu.

Ayo Mencoba
Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam biar terjaga kelestariannya.

Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli lingkungan. Kemudian, mengajak sobat dan anggota keluarga melaksanakan hal yang sama.
Bersama dengan sobat sekelasmu, pergilah ke luar kelas. Amati lingkungan sekolahmu.

1. Bagaimana kondisi taman di sekolahmu? Apakah tanamannya terawat? Jelaskan!
Kondisi tumbuhan di sekolahku terawat dengan baik. Tumbuhan tumbuh dengan subur lantaran sering diberi pupuk.

2. Apakah halaman sekolahmu sudah bersih? Jelaskan.
Jawaban diubahsuaikan dengan tempat siswa sekolah itu sendiri

3. Buatlah rencana dengan sobat kelompokmu. Kamu dan temanmu akan menanam satu macam tanaman. Tanaman sanggup ditempatkan di kaleng atau baskom bekas. Tentukan tumbuhan yang akan ditanam, bagaimana caranya biar tanamanmu sanggup tumbuh dengan baik.
Jawaban diubahsuaikan dengan informasi yang di dapatkan oleh siswa tersebut.

Tak hanya hingga disini saja, namun kami juga masih melanjutkan kunci balasan pada tema 3 ini di halaman berikutnya, nah silahkan teman-teman lihat kunci balasan selanjutnya pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104. Kunci balasan tersebut juga tentunya kami buat berdasarkan materi dan soal yang ada pada buku tematik atau buku siswa, jadi silahkan teman-teman gunakan.

Nah itulah teman-teman semua kunci balasan yang bisa kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99 Buku Siswa Tematik ini. Jangan lupa juga ya untuk mempelajari soal-soal di atas, sebagai persiapan untuk menghadapi ulangan harian dan ujian semester nantinya. Semoga nilai yang teman-teman dapatkan dari kiprah kali ini akan bagus. Jangan lupa juga untuk membuatkan degan cara share artikel ini ke sobat sekelas. Dan misalkan ada pertanyaan atau ingin reques kunci jawaban, silahkan sampaikan pada kami melalui halaman kontak, terima kasih.
Sumber https://www.ruangedukasi.com/
LihatTutupKomentar