Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 7 Hal 2-16

KUNCI JAWABAN KELAS 5 TEMA 7

HALAMAN 2, 6, 7, 8, 9, 10, 13, 14, 15, 16

Kunci Jawaban Halaman 2

kunci jawaban kelas 5 tema 7 hal 2
Rempah-rempah begitu melimpah di bumi Indonesia. Melimpahnya rempah-rempah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Namun, rempah-rempah yang begitu melimpah juga membuat bangsa-bangsa di Eropa berusaha untuk menguasai perdagangannya.

1. Mengapa bangsa Eropa berhasrat memonopoli perdagangan rempah-rempah?
    Kunci Jawaban :
Hal ini dikarenakan harga jual rempah-rempah di Eropa pada waktu itu sangat mahal/tinggi

2. Seberapa tinggikah nilai ekonomis rempah-rempah di mata bangsa-bangsa Eropa?
    Kunci Jawaban :
Harga dari rempah-rempah nilainya sangat menjulang tinggi, semahal emas (sama dengan harga emas). Masyarakat Eropa sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak

3. Apa hubungan rempah-rempah dan penjajahan di Indonesia?
    Kunci Jawaban :
Hal ini dikarenakan bangsa Eropa mengalami kesulitan mendapatkan rempah-rempah sejak jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki pada tahun 1453. Sedangkan terjadi permusuhan antara bangsa Turki dengan bangsa Eropa, sehingga pasokan rempah-rempah jadi tersendat. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari sendiri daerah penghasil rempah-rempah dengan melakukan penjelajahan-penjelajahan samudra dan melakukan penjajahan terhadap negara-negara yang kaya rempah-rempah.

Kunci Jawaban Halaman 6

Siapa yang dimaksud bangsa barat? kunci jawaban halaman 6

Ayo Berlatih
Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?
    Kunci Jawaban :
Yang dimaksud bangsa Barat adalah bangsa-bangsa Eropa

2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa-bangsa Eropa melakukan penjajahan di Indonesia?
    Kunci Jawaban :
Ingin menguasai daerah penghasil rempah-rempah

3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra?
    Kunci Jawaban :
Tahun 1511

4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
    Kunci Jawaban :
Tidore dan Maluku

5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?
    Kunci Jawaban :
  • Mencari kekayaan (Gold)
  • Menyebarkan agama (Gospel)
  • Mencari kejayaan (Glory)
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek)
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?
    Kunci Jawaban :
Menderita

Kunci Jawaban Halaman 7

kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 7
Ayo Berdiskusi
Diskusikan teks peristiwa kedatangan bangsa Barat dengan teman sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.

Judul teks :
Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik :
  • Harga rempah-rempah sangat mahal, semahal emas
  • Bangsa Eropa yang datang pertama kali adalah Portugis/Portugal
  • Faktor-faktor penjelajahan dan penjajahan adalah 3G (Gold, Gospel, Glory) dan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Informasi penting :
Faktor penjelajahan dan penjajahan bangsa Barat :
  • Mencari kekayaan (Gold)
  • Menyebarkan agama (Gospel)
  • Mencari kejayaan (Glory)
  • Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi)
Pendapat saya tentang teks ini :
Bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang sejarah bangsa Indonesia

Saya menyarankan/tidak menyaranka teks ini karena :
Saya menyarankan teks ini karena berisi pengetahuan yang bermanfaat tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia

Kunci Jawaban Halaman 8

kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 8
kunci jawaban kelas 5 tema 7 halaman 8
Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah informasi mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh daribuku, surat kabar, majalah, atau artikel di Internet!

PORTUGIS
Tahun Kedatangan : 
1511
Tempat/Daerah : 
Pantai utara Sumatra dan daerah Malaka
Tujuan :
Mencari daerah penghasil rempah-rempah dan menguasai pelabuhan Malaka sebagai pusat perdagangan
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, membangun benteng di Ternate
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik kedatangan Portugis dan mendukung Sultan Ternate, tetapi akhirnya terjadi perlawanan terhadap Portugis yang bertindak sewenang-wenang

SPANYOL
Tahun Kedatangan :
1521
Tempat/Daerah :
Pantai Tidore, Maluku
Tujuan :
Menyebarkan agama dengan strategi misionaris
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Meletakkan dasar-dasar agama di Ambon, Ternate dan Morotai
Reaksi masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat

BELANDA
Tahun Kedatangan : 
1596
Tempat/Daerah : 
Pelabuhan Banten
Tujuan : 
Mencari daerah penghasil rempah-rempah
Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi :
Pembentukan VOC, pembentukan pemerintahan kolonial Belanda
Reaksi Masyarakat :
Awalnya diterima dengan baik, tetapi akhirnya terjadi perlawanan rakyat

Kunci Jawaban Halaman 9

Kunci jawaban halaman 9 kelas 5 tema 7
Ayo Menulis
Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia adalah semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory)
Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!
Kunci Jawaban

Gold : Adanya keinginan untuk mencari kekayaan
Gospel : Adanya keinginan untuk menyebarkan agama
Glory : Adanya keinginan untuk mencari kejayaan

Tuliskan pendapatmu mengenai semboyan 3G tersebut
Kunci Jawaban 

Tidak setuju dengan semboyan 3G

Sangat tidak setuju, dikarenakan akibat semboyan 3G tersebut rakyat Indonesia menjadi menderita, diantaranya :
  1. Kekayaan yang ada di Indonesia dikuras habis-habisan oleh bangsa Eropa tanpa peduli atas akibat yang ditimbulkan terhadap kehidupan rakyat Indonesia
  2. Dengan adanya pemaksaan terhadap agama tertentu kepada rakyat Indonesia
  3. Rakyat Indonesia menjadi sangat tertindas, menjadi budak di negeri sendiri, kekuasaan bangsa Eropa di Indonesia menjadi tidak terbatas/tidak terkendali dan merusak hak asasi rakyat pribumi

Kunci Jawaban Halaman 10

kunci jawaban halaman 10 kelas 5 tema 7
Ayo Berlatih
Buatlah pengandaian berkaitan dengan peristiwa kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia!

Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan MENOLAK kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Penjajah MENYENGSARAKAN kehidupan rakyat Indonesia
Sikap para penjajah awalnya BAIK. Namun, pada akhirnya, kelihatan juga sifat aslinya, yaitu MENINDAS DAN KEJAM

Kunci Jawaban Halaman 13, 14, 15, 16

isi pertanyaan halaman 13 tema 7 kelas 5
Diskusikan
1. Apakah ujung pensil berubah bentuk setelah diraut?
    Kunci Jawaban :

Ya, berubah ujung pensilnya setelah diraut

2. Apakah ujung karet penghapus pensil berubah bentuk setelah digosokkan?
    Kunci Jawaban :

Ya, berubah bentuk setelah digosokkan

3. Apakah kesimpulanmu?
    Kunci Jawaban :

Suatu benda padat dapat diubah dengan perlakuan tertentu, seperti diberi panas, diberi tekanan yang tinggi, atau diberi perlakuan secara fisik (menggunting, menekan, melipat/menyobek)

kunci jawaban halaman 14 kelas 5 tema 7
Diskusikan
1. Bagaimana bentuk permukaan air di gelas saat sebelum maupun sesudah dimiringkan?
    Kunci Jawaban:
Tetap mendatar bentuk permukaan airnya, baik sebelum maupun sesudah dimiringkan

2. Apakah yang terjadi ketika air dituangkan ke dalam wadah yang lain?
    Kunci Jawaban :
Maka bentuk dari air mengikuti wadahnya

3. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
    Kunci Jawaban :
Sifat air adalah mengalir ke tempat yang lebih rendah

4. Apa yang terjadi ketika air dituang ke atas tanah? kemanakah air itu mengalir?
    Kunci Jawaban :
Air akan meresap ke dalam tanah, mengalir ke tempat yang lebih rendah, sehingga air di permukaan tanah tersebut lama-lama akan habis

5. Bagaimana cara air tersebut dapat mengalir?
    Kunci Jawaban :
Cara air mengalir adalah Air mengalir ke tempat yang lebih rendah

6. Apa yang terjadi ketika air dituangkan ke atas tanah? Ke manakah air itu mengalir?
   Kunci Jawaban :
Lama-lama air akan habis. Hal ini dikarenakan air ternyata masuk ke dalam tanah melalui celah-celah/pori-pori dalam tanah (meresap)

7. Apakah kesimpulanmu?
   Kunci Jawaban
Bahwa sifat dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap, selalu mengikuti bentuk wadahnya, bentuk dari permukaan air adalah datar, benda cair bersifat mengalir ke tempat lebih rendah, menekan ke segala arah serta meresap melalui pori-pori/celah-celah
kunci jawaban halaman 16 kelas 5 tema 7
Diskusikan
1. Apakah yang terjadi pada saat kamu membenamkan gelas tersebut? Mengapa
    Kunci Jawaban 
Gelas akan terangkat kembali, karena mendapat tekanan/dorongan udara yang terperangkap dalam gelas tersebut

2. Apa yang terjadi pada saat gelas dimiringkan? Mengapa hal itu terjadi?
    Kunci Jawaban
Akan keluar gelembung udara, karena dalam gelas berisi udara yang terperangkap

3. Apakah Kesimpulanmu dari percobaan ini?
    Kunci Jawaban
Bahwa sifat benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya, benda gas menekan ke segala arah

4. Berdasarkan percobaan di atas, buatlah sebuah laporan percobaan dengan menggunakan poster. 
    Dalam poster, jelaskan perbedaan sifat ketiga wujud benda tersebut. Lengkapi dengan gambar dan 
    keterangan yang diperlukan untuk menjelaskannya. Presentasikanlah postermu di dalam sebuah 
    kegiatan galeri berjalan dengan percaya diri
kunci jawaban hal 16 kelas 5 tema 7

Sifat Benda-benda yang ada di sekitar kita itu berbeda-beda. Pada umumnya benda di sekitar kita terbagi atas 3 jenis, yaitu padat, cair, dan gas. Setiap benda-benda tersebut mempunyai sifat yang berbeda juga. Untuk benda padat, sifat bentuk benda padat adalah tetap. Benda padat bisa dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu, seperti ditumbuk, dipotong atau digosok. Sifat benda cair adalah bentuknya tidak tetap, mengikuti bentuk wadahnya, bentuk permukaan benda cair yang tenang selalu datar, selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah serta dapat meresap melalui celah-celah kecil. Adapun sifat dari benda gas adalah mengisi seluruh ruangan yang ditempati serta selalu menekan ke segala arah. 

Hal 17⏩
LihatTutupKomentar