Sejarah Termos Halaman 147-153 Kelas 5 Tema 6

SEJARAH TERMOS

HALAMAN 147-153 KELAS 5 TEMA 6

Halaman 147

kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskanlah hal-hal penting pada setiap paragraf dengan menggunakan kalimat lengkap. Tuliskanlah pada tabel berikut.

Paragraf 1
  1. Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya
  2. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung seperti botol yang mempunyai dinding berlapis
  3. Dengan dinding dalam termos yang dirancang seperti kaca, maka kalor yang terdapat pada air panas tersebut tidak bisa berpindah dengan tepat
Paragraf 2
  1. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar
  2. Penemuannya didorong oleh kebutuhannya untuk menjaga agar minuman bayinya tetap hangat
Paragraf 3
  1. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara, yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos
  2. Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, London
Rangkailah kalimat-kalimat yang berisi informasi penting dari paragraf di atas menjadi sebuah tulisan satu paragraf yang menggambarkan isi dari bacaan di atas. Gunakan kalimat yang lengkap, kata-kata baku dan ejaan yang tepat.

Hampir semua keluarga memiliki termos di rumahnya. Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. James Dewar adalah pencipta termos pertama kali pada tahun 1902. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol Hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, London

Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dengan menggunakan kalimat yang lengkap dan kata-kata yang baku!

1. Apa fungsi sebuah termos?
    Kunci jawaban :
Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tetap panas saat digunakan

2. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat termos pada masa itu?
    Kunci Jawaban :
Bahan yang digunakan pada masa itu adalah botol hampa udara, merupakan wadah dari kaca berdinding ganda dengan ruang di antara dindingnya dikosongkan dan ditutup rapat

3. Gambarlah bagian-bagian termos sesuai bacaan di atas!

4. Apa saja benda di sekitarmu yang menggunakan prinsip yang hampir sama dengan termos?
    Kunci Jawaban :
Jaket dan selimut

Halaman 149

Tuliskan pada tempat yang telah disediakan
Ayo Menulis
Berdasarkan bacaan di atas, tuliskan hal-hal yang kamu pahami dari setiap paragraf pada bacaan dalam sebuah kalimat. Kalimat-kalimat tersebut akan mewakili isi dari bacaan yang kamu baca. Tuliskan pada tempat yang telah disediakan.

Isi Paragraf 1
Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi

Isi Paragraf 2
Selimut dan panci memanfaatkan fungsi konduktor dan isolator
Isi Paragraf 3
Panci terbuat dari bahan logam

Isi Paragraf 4
Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan-bahan yang dapat menghantar panas

Halaman 150

Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3

Berdasarkan kalimat-kalimat yang mewakili isi bacaan yang telah kamu tulis, buatlah sebuah diagram yang akan menjelaskan pemahamanmu terhadap bacaan di atas. Gunakan diagram berikut untuk membantumu! Tuliskanlah kalimat-kalimat yang menjadi pokok pikiran dari setiap paragraf dalam bacaan, ke dalam setiap kontak yang tersedia. Satu kotak tentu mewakili satu paragraf. Berilah keterangan hal-hal penting lain dalam paragraf yang mendukung pokok pikiran tersebut. Lakukanlah bersama dengan teman sebangkumu! buatlah diagrammu pada tempat yang disediakan di bawah ini.

Penggunaan benda isolator dan konduktor

  • Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Beberapa barang memanfaatkan benda sebagai konduktor atau isolator
  • Selimut dan panci memanfaatkan sifat konduktor dan isolator. Selimut memerangkap panas yang keluar dari tubuh sehingga badan terasa tetap hangat
  • Panci terbuat dari bahan logam. Panci menghantarkan panas sampai ke makanan. Pegangan panci bersifat isolator sehingga kita tidak kepanasan ketika memegang panci
  • Mesin mobil dan motor yang terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin ideal
Tuliskanlah pemahamanmu tentang isi bacaan dalam bacaan dalam tulisan satu paragraf berikut.

Panas dapat berpindah melalui konduksi, konveksi dan radiasi. Beberapa barang memanfaatkan benda sebagai konduktor atau isolator. Selimut dan panci memanfaatkan sifat konduktor dan isolator. Panci bersifat konduktor sedang pegangan panci bersifat isolator. Mesin mobil dan motor terbuat dari bahan bersifat konduktor. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin ideal.

Halaman 151-152

amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu hal 151
Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda yang ada di sekolah dan rumahmu. Gunakan tabel berikut untuk mengidentifikasi sifat hantaran benda tersebut dan kegunaannya. Lalu buatlah kesimpulannya!

Nama Benda/alat di sekolah
Gerbang besi sekolah
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Sebagai pagar keamanan dan tempat keluar masuk ke sekolah

Nama Benda/alat di sekolah
Bel Sekolah
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Penanda waktu pergantian kegiatan di sekolah

Nama Benda/alat di sekolah
Keranjang sampah dari plastik
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat sampah dikumpulkan

Nama Benda/Alat di sekolah
Kursi siswa
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat untuk duduk siswa

Nama Benda/Alat di sekolah
Meja Guru
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Tempat untuk menulis

Nama benda/alat di rumah
Panci
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Memasak dan merebus air

Nama benda/alat di rumah
Setrika
Sifat Hantaran
Konduktor
Kegunaan
Merapikan pakaian

Nama benda/alat di rumah
Selimut
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Menjaga badan tetap sehat

Nama benda/alat di rumah
Spatula
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
Mengambil masakan dari wajan

Nama benda/alat di rumah
Termos
Sifat Hantaran
Isolator
Kegunaan
menjaga air tetap panas

Buatlah kesimpulan terhadap kegiatan di atas
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari

Halaman 153

Kunci jawaban tematik kelas 5 tema 6 subtema 3 hal 153
Gambar 2
Gambar cerita dari : Majalah
Ceritakan kesan yang kamu tangkap dari gambar cerita : Menceritakan gambar seorang anak yang menderita penyakit yang ganas, yaitu penyakit kanker. Perjuangan pantang menyerah Gita Sesa Wanda Cantika dalam menghadapi penyakit kanker yang dideritanya

Gambar 3
Gambar cerita dari : Poster
Ceritakan kesan yang kamu tangkap dari gambar cerita : Menceritakan gambar seorang ibu yang sedang memberikan obat kepada anaknya. Setiap anak harus berani minum obat agar cepat sembuh

Hal 154⏩
⏪Hal 144

LihatTutupKomentar