KEPALA SEKOLAHKU, PEMIMPIN IDOLAKU
HALAMAN 75, 76, 77, 78, 79-80, 81 KELAS 6 TEMA 7 PEMBELAJARAN 3
Kunci Jawaban Halaman 75-76
1. Mengapa kepala sekolah pada cerita di atas menjadi pemimpin idola
Kunci Jawaban :
Karena mempunyai sifat rela berkorban, pantang menyerah, peduli dengan murid, cerdas dalam menghadapi masalah dan dalam mengambil tindakan, mampu meningkatkan persatuan di kalangan murid dan guru
2. Apakah kepala sekolah pada cerita sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan? Jelaskan
Kunci Jawaban :
Sudah mengamalkan nilai-nilai persatuan. Ini ditunjukkan dengan tidak membeda-bedakan asal usul murid, sehingga antar murid timbul kebersamaan dan rasa persatuan
3. Apakah kepala sekolah sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan? Jelaskan!
Kunci Jawaban :
Sudah menerapkan nilai-nilai kerakyatan. Ini dibuktikan dengan kemampuan pak Welly mengetahui karakter masing-masing siswa. Kemampuan mengetahui karakter siswa ini hanya bisa diperoleh jika berbaur/menyatu dengan murid-murid. Selain itu mampu menggalang semua unsur pendidikan/sekolah baik murid, guru, kepala dinas hingga Camat dan Bupati untuk bersama-sama memecahkan masalah.
4. Apa alasan kepala sekolah membantu Sudin untuk mengikuti lomba pidato?
Kunci Jawaban :
Karena kepala sekolah tahu kemampuan dan karakter Sudin yang suka membaca, percaya diri, serta komunikatif. Selain itu Kepala Sekolah ingin Sudin memperoleh pengalaman berharga dengan diikutkan dalam lomba pidato di kota
5. Apa yang bisa kita teladani dari sosok kepala sekolah tersebut?
Kunci Jawaban :
Sikap merakyat/turun ke bawah, kreatif penuh ide, peduli dengan siswa, rela berkorban, mampu menjaga persatuan dengan tidak membeda-bedakan siswa dan pantang menyerah
6. Apakah yang menyebabkan Sudin akhirnya dapat pergi mengikuti kompetisi? Jelaskan!
Kunci Jawaban :
Sudin mendapatkan dana yang cukup untuk mengikuti lomba di kota.
Dana itu diperoleh melalui pelelangan pisang yang ada di belakang, dan pembelinya adalah para bapak dan ibu pejabat daerah yang diundang.
7. Bagaimana menurutmu hubungan antara kepala sekolah dengan bupati, kepala dinas, dan pejabat
daerah lainnya? Apa yang membuatmu menyimpulkan seperti itu?
Kunci Jawaban :
Hubungan yang sangat baik dan akrab. Hal ini dapat dibutktikan para pejabat tinggi tersebut mau menghadiri undangan kepala sekolah, walaupun para pejabat tersebut merupakan orang-orang sibuk.
Berdasarkan jawabanmu buatlah tulisan mengenai pak Welly
Pak Welly adalah seorang perantau dari Indonesia timur yang mengabdi di pelosok Jawa Tengah. Beliau adalah orang yang mampu menjaga kebersamaan dan persatuan di lingkungan sekolah dengan menciptakan suasana tidak ada perbedaan diantara murid-muridnya. Pak Welly adalah kepala sekolah yang peduli dengan muridnya. Beliau bertekad memberangkatkan Sudin, salah satu muridnya untuk mengikuti lomba di kota. Pak Welly adalah kepala sekolah yang kreatif. Beliau mampu memecahkan masalah pendanaan untuk Sudin yang akan mengikuti lomba di kota dengan cara membuat acara lelang pisang. Sebelum itu Pak Welly mengajak musyawarah para guru mengenai rencananya tersebut. Pak Welly juga orang yang supel/pandai bersosialisasi, orang yang mampu bergaul dengan siapa saja, ini terbukti dengan datangnya para pejabat memenuhi undangan beliau. Lelang berjalan sukses dengan dibelinya pisang-pisang tersebut oleh para pejabat. Sehingga tercukupi dana untuk Sudin mengikuti lomba di kota.
Kunci Jawaban Halaman 77
Kamu sudah mengetahui nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah Sudin yang telah mengamalkan persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitar sekolah. Tuliskan perilakumu yang merupakan wujud dari nilai-nilai tersebut dan telah kamu praktikkan di lingkungan rumahmu
Kunci Jawaban :
- Akur dengan kakak dan adik
- Bermusyawarah dengan ayah/ibu/saudara
- Saling membantu/menolong dengan saudara dan teman
- Tidak membeda-bedakan dalam bergaul dengan teman di sekitar rumah
Kunci Jawaban Halaman 78
Ayo Menulis
Tuliskanlah contoh-contoh penerapan nilai-nilai kerakyatan dalam kehidupanmu sehari-hari
Kunci Jawaban :
- Tidak memaksakan kehendak kepada teman
- Mengutamakan musyawarah dengan teman saat ada masalah
- Ketika bermusyawarah dengan teman, selalu diliputi semangat kekeluargaan
- Melaksanakan setiap keputusan bersama teman dengan penuh tanggungjawab
Kunci Jawaban 79-80
Ayo Mencoba
Bersama kelompokmu, carilah buku-buku referensi di perpustakaan sekolahmu, lalu carilah informasi mengenai peran Indonesia di ASEAN dalam berbagai bidang berikut:
1. Pendidikan
2. Pangan
3. Sosial
4. Kesehatan
5. Pariwisata
Tuliskan hasil laporanmu dalam bentuk yang menarik. Kamu dapat membuatnya dalam bentuk paparan atau diagram
Ayo Menulis
Tulislah rancangan pidato singkat untuk mengajak teman-temanmu gemar membaca. Ingatlah teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.
1. Salam Pembuka
Kalimat sapaan (Assalamualaikum Wr. Wb/ Salam sejahtera/ Selamat pagi/ selamat siang/ selamat malam, dan lain sebagainya kepada kepala sekolah, dewan guru dan rekan siswa)
2. Pendahuluan
Menjelaskan topik yang akan dibahas. (Memaparkan data tentang tingkat gemar membaca di Indonesia dibandingkan negara lain)
3. Inti
Berisi bahasan topik secara lengkap. (Tentang manfaat membaca, himbauan dan ajakan membaca)
4. Penutup
Berisi ringkasan dari pembahasan topik. (Rangkuman atau ringkasan dari pidato gemar membaca)
5. Salam penutup
Berisi ucapan terima kasih dan salam
Tulislah rancangan pidato singkat untuk mengajak teman-temanmu gemar membaca. Ingatlah teks pidato harus memuat hal-hal pokok berikut.
1. Salam Pembuka
Kalimat sapaan (Assalamualaikum Wr. Wb/ Salam sejahtera/ Selamat pagi/ selamat siang/ selamat malam, dan lain sebagainya kepada kepala sekolah, dewan guru dan rekan siswa)
2. Pendahuluan
Menjelaskan topik yang akan dibahas. (Memaparkan data tentang tingkat gemar membaca di Indonesia dibandingkan negara lain)
3. Inti
Berisi bahasan topik secara lengkap. (Tentang manfaat membaca, himbauan dan ajakan membaca)
4. Penutup
Berisi ringkasan dari pembahasan topik. (Rangkuman atau ringkasan dari pidato gemar membaca)
5. Salam penutup
Berisi ucapan terima kasih dan salam
Hal 82⏩
⏪Hal 72