Penemu Teleskop Pertama Kelas 6 Tema 9 Hal 150-157

PENEMU TELESKOP PERTAMA

HALAMAN 150, 153, 156, 157 PEMBELAJARAN 2 SUBTEMA 3 KELAS 6 TEMA 9

Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2

Kunci Jawaban Tematik Halaman 150

Ayo Berdiskusi
Setelah membaca artikel di atas, diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu dampak yang ditimbulkan oleh penemuan Herschel 
Jawaban :
Dampak penemuan Herschel adalah kita dapat meneliti dan menelusuri benda-benda langit/benda-benda yang ada di angkasa luar dengan lebih leluasa dan lebih akurat.

Ayo Berlatih
William Hreschel menjelajah angkasa luar dengan teleskopnya hingga menemukan planet Uranus. Tahukah kamu bahwa para ahli astronomi membagi planet-planet dalam tata surya menjadi dua kelompok menurut orbit asteroid. Kumpulan asteroid yang membentuk sabuk asteroid ini berada di antara planet Mars dan Jupiter. Kumpulan asteroid ini juga berputar mengelilingi Matahari dalam orbitnya.
Para ahli membagi planet-planet dalam tata surya berdasarkan orbit asteroid ini menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet dalam tata surya yang berada di dalam orbit asteroid. Yang termasuk planet dalam adalah planet Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan yang termasuk planet luar adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
Tahukah kamu apa yang membedakan planet dalam dan planet luar? Selain keduanya dipisahkan oleh sabuk Asteroid, kamu dapat mengetahui perbedaannya dengan membaca dan melengkapi informasi pada tabel berikut ini
kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 hal 150

Kunci Jawaban Tematik Halaman 153

Ayo Menulis
Pernahkah kamu menulis sebuah surat untuk teman atau saudaramu? atau, pernahkah kamu menceritakan pengalamanmu pada saat berkunjung ke tempat-tempat yang menarik? Cerita fiksi di atas mungkin dapat membantumu mengingatkan pengalaman yang serupa. Lakukanlah kegiatan berikut ini untuk menceritakan pengalamanmu yang hampir sama dengan cerita fiksi di atas.

A. Gambarkan dan jelaskan tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita di atas dengan menggunakan diagram di bawah ini
kunci jawaban tema 9 kelas 6
Cerita Tempat Tanpa Bayangan memiliki beberapa unsur intrinsik cerita, diantaranya :
Tema :
Menceritakan tentang kunjungan Arika ke Pontianak, kota yang dilewati garis Khatulistiwa 0⁰ 
Tokoh :
Arika yang berkirim surat kepada Ina, sahabatnya
Latar :
Berlatar belakang tempat di kota Pontianak pada saat siang hari, saat Matahari tepat di atas kepala
Alur :
Alur ceritanya adalah berurutan, dari awal sampai akhir / alur maju
Sudut pandang:
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, karena pengarang terlibat dalam cerita dengan menggunakan kata ganti 'aku'
Amanat :
Menceritakan tentang salah satu kota unik dan indah di Indonesia, yaitu kota Pontianak yang dilewati garis Khatulistiwa 0ยบ
Gaya bahasa :
Dalam cerita bahasa yang digunakan adalah bahasa dengan makna asli (denotatif) tanpa makna kiasan

B. Gambarkan dan jelaskan peristiwa serupa yang terjadi denganmu atau orang-orang yang kamu kenal dengan menggunakan diagram berikut ini
Kunci jawaban kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 153
Cerita Mengunjungi Si Jomblo memiliki beberapa unsur  intrinsik cerita, diantaranya:
Tema :
Tentang rekreasi mendaki gunung
Tokoh :
Nio yang berkirim surat kepada Tyo, sahabatnya
Latar :
Lokasi cerita berada di Gunung Ijen Banyuwangi pada saat malam sampai pagi hari
Alur :
Alur cerita maju/ berurutan dari awal sampai akhir
Sudut Pandang :
Sudut pandang cerita yang digunakan adalah sudut pandang orang pertama, karena pengarang terlibat dalam cerita dengan menggunakan kata ganti 'aku'
Amanat :
Menceritakan tentang salah satu tempat yang indah dan unik di Indonesia, yaitu gunung Ijen di Banyuwangi
Gaya Bahasa :
Dalam cerita bahasa yang digunakan adalah bahasa dengan makna konotatif (makna kiasan)

C. Buatlah sebuah surat kepada teman atau kerabatmu tentang pengalamanmu berkunjung ke tempat yang menarik, atau pengalaman lain yang menarik. Tuliskan suratmu di bawah ini.

Sahabatku Tyo,
Halo Tyo, bagaimana kabarmu? Semoga tetap sehat dan bahagia seperti aku ya! Kamu liburan kemana saja? Aku ingin menceritakan tentang pengalaman liburan sekolah kemarin di daerah tempat tinggalku di Banyuwangi, tepatnya ke gunung yang jomblo terus. He he he he. Kenapa jomblo? Karena namanya adalah gunung Ijen. Ijen dalam bahasa daerahku artinya sendirian, tidak berpasangan.
Aku bersama dengan 5 orang temanku berangkat dari kota Banyuwangi menuju Licin, tepatnya di  desa Jambu yang berjarak 15 Kilometer dengan naik angkutan umum, kemudian dilanjutkan menuju Paltuding. Paltuding adalah Pos titik awal untuk menuju ke kawah gunung Ijen yang ditempuh dengan berjalan kaki. Aku beristirahat di sini. Aku dan teman-teman berangkat saat tenaga sudah pulih. Saat tiba di puncak gunung Ijen, maka pemandangan indah terpampang di depanku.  Tiba di bibir kawah, maka tampak sebuah danau hijau dengan diameter sekitar 1 km yang berselimut kabut dan asap belerang berada jauh di bawah, dengan para pencari belerang yang menuruninya dengan hati-hati untuk mengambil belerang di dasar kawah. Jika malam hari maka kawah ini mengeluarkan apa yang disebut dengan 'blue fire'. Blue fire adalah api biru yang hanya ada 2 di dunia! Salah satunya ada di kawah gunung Ijen. Sungguh indah pemandangan dari puncak gunung Ijen ini. Aku berharap suatu saat kembali lagi ke gunung Ijen ini bersamamu.
Tyo, aku sudahi dulu ceritaku, ya. Sampai jumpa lagi.

Salam persahabatan
Nio

Kunci Jawaban Tematik Halaman 156

Ayo Berdiskusi
Berdasarkan bacaan di atas lakukanlah diskusi dengan teman sekelompokmu untuk mencari informasi tentang beberapa hal berikut:
1. Lengkapilah tabel berikut ini dengan mencari tahu alat dan bahan yang digunakan pada patung dan tema yang disajikannya.
Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 156

Kunci Jawaban Halaman 157

Kunci jawaban tematik kelas 6 tema 9 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 156
2. Patung manakah yang paling kamu sukai? (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)
Patung manakah yang ingin kamu buat dengan menggunakan alat dan bahan yang kamu miliki? Jelaskan alasanmu! (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)
Patung seperti apa yang ining kamu buat? (jawaban relatif berbeda-beda tiap siswa)

  • Patung tema tokoh animasi/superhero (alasannya bagus, bentuknya detail dan bahan mudah diperoleh)
  • Patung tema transportasi/helikopter (alasannya bagus, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah diperoleh)
  • Patung tema alat transportasi/mobil (alasannya bagus, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah diperoleh)
  • Patung tema tokoh animasi/karikatur (alasannya bagus dan lucu, bentuknya sederhana dan mudah dibuat, serta bahan mudah diperoleh)

Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat dari kegiatan di atas?

  • Patung konstruksi merupakan patung yang dibuat dengan merangkai alat dan bahan yang mudah didapat dengan berdasarkan tema tertentu. 
  • Membuat patung konstruksi dapat memanfaatkan alat dan bahan apa saja yang tersedia di sekitar dengan menggunakan imajinasi yang tinggi akan terbentuk karya yang didasarkan pada tema tertentu.
  • Kreatifitas memanfaatkan alat dan bahan yang sederhana dan imajinasi akan membantu membuat patung konstruksi sederhana

Hal 158⏩
⏪Hal 148

LihatTutupKomentar