Informasi Isi Iklan Tema 9 Kelas 5 Hal 152-160

INFORMASI ISI IKLAN TEMA 9 KELAS 5

SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 4 HALAMAN 152, 153, 154, 158, 160

kls 5 tema 9
(buku.kemdikbud.go.id)

Kunci Jawaban Halaman 152




Amatilah iklan yang sudah dilihat oleh Edo
simpulkan informasi yang kamu peroleh dengan kalimat sendiri
(buku.kemdikbud.go.id)
Setelah kamu mencermati iklan tersebut, lakukan kegiatan berikut ini
1. Informasi apa saja yang telah kamu peroleh?
    Jawaban :
Iklan pada gambar menunjukkan tentang penawaran sebuah produk anti septic/Sabun mandi. 

2. Simpulkanlah informasi yang telah kamu peroleh dengan kalimatmu sendiri.
    Jawaban :
Iklan yang berisi tentang penawaran produk anti septic/sabun mandi. Anti septic berfungsi untuk melindungi tubuh dari kuman. Anti septic tersebut dapat digunakan untuk mandi dan membersihkan luka. Hasilnya adalah badan menjadi bebas kuman serta badan menjadi wangi dan segar.

Kunci Jawaban Halaman 153

Amatilah beberapa iklan elektronik, baik iklan di televisi, radio, maupun di internet. Kemudian Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang telah kalian amati. Kemudian berikan juga tanggapan terhadap iklan yang telah kamu amati. Apakah iklan menarik serta jelas dalam penyampaiannya? Tuliskan segera dalam kolom berikut ini.
amatilah iklan elektronik, baik iklan di radio, televisi, maupun internet. Tuliskan informasi yang disampaikan dari iklan yang kalian amati. berikan juga tanggapan terhadap iklan yang kamu amati. Apakah iklan menarik dan jelas dalam penyampaiannya? tuliskan dalam kolom berikut
(jawabantematik.blogspot.com)
Kunci Jawaban Halaman 154

Pernahkah kamu mengamati sebuah iklan elektronik yang berisi anjuran untuk bisa menjaga persatuan dan kesatuan? Sekarang, coba, carilah iklan dari media elektronik berisi anjuran untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Ceritakan iklan yang kamu amati dengan menuliskannya pada kolom berikut ini.
Iklan Menjaga Persatuan dan Kesatuan 
tema 9 kelas 5
(kemdikbud.go.id)
Iklan elektronik yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan yang terpampang di laman/situs kementerian pendidikan dan kebudayaan tersebut menganjurkan kepada siswa-siswa untuk memanfaatkan waktu libur sekolah untuk lebih memperkuat persatuan bangsa dengan cara lebih banyak melakukan kunjungan ke berbagai tempat dengan menikmati kekayaan alam dan kekayaan budaya demi untuk menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa Indonesia dan semangat untuk menjaga persatuan

Iklan Menjaga Persatuan dan Kesatuan
Kelas 5 tema 9
(kemdikbud.go.id)
Iklan elektronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terpampang di laman/situs kementrian pendidikan dan kebudayaan tersebut menganjurkan untuk saling menghormati perbedaan yang ada, terutama perbedaan dalam menganut agama dan kepercayaan. Keberagaman beragama bisa dilihat dari salam yang dipakai oleh masing-masing agama yang berbeda pengucapannya. Diharapkan semua pihak bisa mengetahui dan memahami serta tetap mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

Iklan Menjaga Persatuan dan Kesatuan
Tema 9 kelas 5
(kemdikbud.go.id)
Iklan elektronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terpampang di laman/situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini dalam rangka menyambut pelaksanaan Asian Games 2018 yang diadakan di Indonesia. Iklan ini menganjurkan persatuan bagi seluruh suku/ras yang ada di Indonesia demi kelancaran dan kesuksesan acara Asian Games 2018 dimana Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Iklan Menjaga Persatuan dan Kesatuan
kelas 5 tema 9 - jawabantematik.blogspot.com
(kompasiana.com)
Iklan elektronik ini dibuat oleh netizen (pengguna internet) yang menulis opini/pendapatnya di  internet melalui laman kompasiana yang menyoroti tentang perbedaan yang ada di Indonesia. Dengan tulisan Bhinneka Tunggal Ika, Berbeda-beda tetapi satu jua, netizen tersebut menuliskan opini tentang 'Perbedaan yang mempersatukan atau persatuan yang membeda-bedakan?' netizen tersebut mengharapkan perbedaan yang ada bukan menjadi sumber perpecahan, tapi bisa menjadi sumber persatuan

Kunci Jawaban Halaman 158



Setelah kalian membaca cerita "Kesombongan Membawa Bencana" tersebut, sikap seperti yang Beni lakukan sudah selayaknya tidak kita tiru. Sikap sombong seperti yang telah dilakukan Beni bisa menjadikan penyebab timbulnya perpecahan persatuan dan kesatuan. Demikian halnya dengan para pemimpin bangsa kita terdahulu pun sangat menjaga agar rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tidak terpecah-pecah.
Sekarang, cobalah kalian sebutkan tentang usaha-usaha yang dilakukan oleh pemimpin bangsa kita dalam membina suatu persatuan dan kesatuan bangsa sehingga tercipta suatu kerukunan hidup bermasyarakat dan berbangsa. Tuliskanlah ceritamu pada buku tugas, kemudian kumpulkan kepada Bapak atau Ibu Guru untuk dinilai
Jawaban :
Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin bangsa dalam membina suatu persatuan dan kesatuan bangsa :
  1. Pemerintah mengadakan festival budaya
  2. Pemerintah mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar di setiap acara resmi dimanapun acara tersebut berada
  3. Dapat menjalankan pemerintahan secara adil dan terbuka
  4. Pemerintah mengadakan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  5. Mampu menciptakan kebebasan untuk memeluk agama dan bebas beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
  6. Membina sikap-sikap saling menghormati dan menghargai  antar pemeluk agama
  7. Mengadakan peringatan-peringatan hari-hari besar nasional dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan
Kunci Jawaban Halaman 160



Lakukan diskusi bersama dengan teman-temanmu satu kelas dan Bapak atau Ibu Guru. Tema diskusi adalah Tema tentang cara-cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha. Tentukanlah siapa yang menjadi pembicara, notulen, dan moderator. Diskusilah dengan menggunakan kalimat bahasa Indonesia yang baik serta benar, dan mengungkapkan pendapat serta pertanyaan dengan baik, sopan dan santun.
Berikut hal-hal yang perlu didiskusikan.
1. Daerah tempat tinggal
2. Jenis pekerjaan/usaha yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia terkait dengan tiga kegiatan ekonomi
3. Cara kita menghargai pelaku kegiatan ekonomi tersebut.
Buatlah kesimpulan hasil dari diskusi. Kemudian kumpulkan kepada Bapak atau Ibu Guru

Diskusi
1. Daerah tempat tinggal
Masyarakat Indonesia banyak yang tinggal di daerah (berdasarkan geografis/letak pada permukaan Bumi)   :
  • Pantai
  • Dataran rendah
  • Dataran tinggi
Masyarakat Indonesia banyak yang tinggal di daerah (berdasarkan demografis/berdasarkan kependudukan) :
  • Perdesaan
  • Perkotaan
2. Jenis Pekerjaan/usaha
  • Pantai
Kegiatan Produksi : 
  1. Nelayan = menangkap ikan/menghasilkan ikan
  2. Petani tambak = menghasilkan ikan (bandeng, udang), menghasilkan garam (petani garam)
  3. Pengrajin = menghasilkan kerajinan tangan (kerang, karang, dan lain-lain)
Kegiatan Distribusi :
  1. Pedagang ikan = menjual hasil tangkapan ikan nelayan ke konsumen baik di daerah pantai, dataran rendah, maupun dataran tinggi
  2. Pedagang sayur = menjual hasil sayuran yang dihasilkan di daerah dataran tinggi ke daerah pantai
  3. Toko kelontong = menjual kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat
Kegiatan Konsumsi :
  1. Keluarga/Rumah tangga = membeli produk laut (ikan, rumput laut, kerajinan, dan lain-lain) maupun produk non laut (sayuran, beras, dan lain-lain) untuk dikonsumsi/digunakan sehari-hari dalam memenuhi kebutuhan hidupnya
  • Dataran rendah 
Kegiatan produksi :
  1. Petani = menghasilkan beras dan sayuran
  2. Pengusaha industri = menghasilkan barang-barang kebutuhan sehari-hari (pabrik tekstil/kain, pabrik elektronik, dan lain-lain)
  3. Penjahit = menghasilkan baju sesuai pesanan
Kegiatan Distribusi :
  1. Pedagang beras, sayuran = membeli produk dari petani, kemudian dijual kembali ke konsumen
  2. Toko kelontong, toko elektronik, dan toko lain-lain = membeli produk dari perusahaan/pabrik untuk dijual kembali ke konsumen
Kegiatan Konsumsi :
  1. Keluarga/Rumah tangga = membeli produk dari pedagang/toko untuk dipergunakan sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup
  • Dataran tinggi
Kegiatan produksi :
  1. Petani sayur dan buah = menghasilkan sayur dan buah
Kegiatan distribusi :
  1. Pedagang sayur/buah = membeli produk dari petani untuk kemudian disalurkan/dijual kepada konsumen
  2. Toko kelontong = menjual kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan masyarakat
Kegiatan konsumsi :
  1. Keluarga/Rumah tangga = membeli produk dari pedagang/toko untuk dipergunakan sehari-hari dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup
3. Cara menghargai pelaku kegiatan ekonomi
  • Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain
  • Menghormati orang yang sedang bekerja
  • Menghargai pekerjaan orang lain
  • Membiasakan membeli produk-produk lokal
  • Membiasakan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri
Kesimpulan :
Bahwa kita harus dapat menghargai kegiatan orang lain dalam bidang usaha. Karena dengan menghargai orang lain dalam usaha/kegiatan ekonomi, maka akan tercipta kerukunan, ketentraman dan kenyamanan dalam kegiatan ekonomi, dan hal tersebut berdampak pada kelancaran kegiatan ekonomi. Saat kegiatan ekonomi menjadi lancar, maka tingkat kesejahteraan yang diharapkan oleh semua masyarakat akan lebih mudah tercapai.

Hal 160-161⏩
⏪Hal 150
LihatTutupKomentar